Basic Rules For Airsofter

Sumber: Putra Parker http://www.kaskus.us/showthread.php?t=867485

ETIKA AIRSOFTGUN INDONESIA

Dalam hal mengkoleksi dan bermain airsoftgun ada hal-hal yang tidak tertulis tapi patut ditaati bagi siapapun terutama bagi anggota club yang memiliki dan bermain airsoftgun di Indonesia,yaitu :

  1. Tidak membawa-bawa airsoftgun anda secara terangan-terangan ataupun dibawa-bawa dalam kendaraan diluar keperluan dan kepentingan dalam mengkoleksi atau bermain airsoftgun (untuk diperbaiki,dibawa ke lokasi permainan,dan lain-lain).
  2. Tidak menggunakan perlengkapan dan aksesories permainan di luar lokasi permainan/skirmish.
  3. Airsoftgun bukanlah alat bela diri,oleh karena itu tidak disarankan menggunakan airsoftgun anda untuk (dengan sengaja,diluar permainan) mencederai orang lain atau dimodifikasi dengan alasan keamanan kecuali ada daya paksa (overmacht) terhadap keselamatan jiwa.
  4. Tidak menggunakan seragam,aksesories (perlengkapan),serta lambang yang berkaitan dengan lembaga Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia serta lembaga keamanan dan pertahanan lainnya di dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia.
  5. Menjaga nama baik club dan komunitas airsoftgun di Indonesia.
  6. Memahami dan mematuhi aturan dan norma-norma yang berlaku di lokasi permainan airsoftgun.
  7. Tidak menyebut airsoftgun sebagai senjata,akan lebih baik bila menggunakan kata ersop/arsenal.Atau dengan menyebutkan berdasarkan jenis seperti rifle,SMG,dll.Hal ini demi menghindari adanya kesalahpahaman dengan pihak – pihak lain di luar komunitas airsoftgun.

SEBELUM MEMULAI PERMAINAN
Panitia skirmish harus mengingatkan tamunya terhadap hal-hal berikut:

  1. Biasakan untuk melepas magazine ersop apabila mainnya masih lama dan jangan lupa di”lock”,kalau perlu (dan nggak repot) lepas battery juga.
  2. Kalau tidak untuk keperluan ngeset pisir (kekeran/scope) atau nyetel.hop-up jangan menembak-nembakan ersop,apalagi di daerah yang dekat dengan keramaian (safe zone) kalo memang terpaksa carilah lokasi yang agak jauh dari keramaian dengan arah BB yang tidak menuju keramaian (bahkan untuk richochet sekalipun)
  3. kalau ingin latihan menembak target usahakan target jauh dari kerumunan/orang lain dan perhitungkan faktor richochet
  4. Letakkan ersop di satu tempat,jangan selalu dibawa-bawa (kalo tidak perlu) apalagi kalu lagi nunggunya lumayan lama.
  5. tolong saling mengingatkan, kalau-kalau ada yang lagi nyantai tapi jari masih di trigger.
  6. Jangan menggunakan seragam atau BDU bermotif prajurit TNI maupun kepolisian RI dalam bermain airsoft.
  7. Hati-hati dan periksa kembali apabila terpaksa meninggalkan benda berharga di dalam mobil/kendaraan atau di dalam tas.
  8. Jangan buang sampah sembarangan.

KETIKA AKAN MEMULAI SKIRMISH
Briefing yang selalu diingatkan penitia atau setiap pemain,

  1. kalau sudah kena hit lupakan dulu rasa sakit, angkat tangan dulu lebih baik daripada sakitnya nambah soalnya ditembakin terus…(makanya jangan zombie…hehehehehehehe)
  2. pasang telinga….ersop boleh diapgred…tapi jangan lupa..telinga juga dipasang..mentang2 RoF en FPs tinggi..hajar teruss….nembak nggak berenti-berenti kayak BBM yang nggak pernah turun2…lawan sudah ngaku Hit tapi masih dihajar beras BB.bisa jadi andrenalin cucu lagi tinggi2nya…jadi lupa aja bahwa kalo kita itu lagi maen..bukan perang beneran..diperhatiin ya cuuuu…
  3. akhir2 ini juga banyak yang nggak pake sistim freeze..dalam arti bener2 nggak pake freeze…jarak 1 meter kalau sanggup ya tembak aja…bahkan untuk klub besar sekalipun loh.katanya US army,SWAT,FBI,tapi kok lawan yang nggak ngeliat or udah nggak berkutik masih dihajar aja..caapeek dehh…macam nggak mau kalah…emangnya ada apa sih dengan kalah untuk senang..kecuali memang yang mau di freeze ngelawan…lah ini orangnya lagi bengong jongkok..dihajar dari atas…WTF…tapi okelah..namanya khilaf..tapi perlu perhatiin hal ini.masak tau yang namanya safe tapi kelakuan nggak smart?boleh nggak pake freeze..tapi bukan berarti faktor keamanan dilupakan.the real soldier di tuntut untuk membuat keputusan yang benar dan aksi dengan waktu singkat..itu yang benar..bukan cuma aksi yang singkat…enakan mana? posisi kite ketawan ma lawan..tapi lawan yang tadinya mo kita tembak dari deket nggak kita tembak…tu lawan pasti salut.rapi bener mainnya…so so honor! nah sebaliknya…langsung dihajar..bukannya dapat respek..gue yakin..ampe tu orang mau tidur..yang nembak masih disumpah-sumpahin..(itu kalo dia nggak terima..hehehehehehehe)
  4. KALO ORANG LAGI BRIEFING DIDENGERIN!!! jangan mentang2 udah tahu..nyeletuk2 aneh…emangnya semua orang dah tahu..emangnya semua yang datang itu dah paham benar main ersop yang benar…kalu mo ngelucu..ngeluculah dengan otak…cerdas…jangan kosong tapi ompong.buat yang kebetulan jadi petugas briefing..jangan sungkan ceramah kecil,itu udah kewajiban anda.dan kewajiban kita juga untuk mendengar dan mencontoh..
  5. Ini yang kadang suka kelupaan….GOGGLE!!!!!!!! pake terus selama di area bermain,kalau main sama temen2 sendiri…andaikata ada kejadian jelek..masih mending..tapi kalo main sama klub lain hati2….kalo terpaksa harus membuka GOGGLE (mungkin kotor)…ambil posisi jongkok dan menunduk ketika membersihkan dan jangan mendongak kalo belum terpasang.apalagi kalau lagi terjadi pertempuran
  6. JANGAN LARI KE ARAH CIVILIAN/LOKASI YANG BANYAK CIVILIANNYA…. kalau sampai terjadi…minta agar permainan di hentikan sementara dan posisi permainan di set ulang……
  7. Dan mengenai penggunaan benda2 yang berpotensi membahayakan seperti laser,smoke granat,dll.tolong diperhatikan mengenai pemain yang terlibat..siapa tau ada yang sensitif terhadap benda2 tersebut….jadi…gunakanlah dengan bijak…
  8. No Zombie,kalopun ada jangan diteriakin juga…ambil hikmahnya..kita jadi tertantang mengolah cara gimana menjatuhkan lawan dengan segala taktik…kecuali dengan jelas di keliatan melakukan pelanggaran…jangankan diteriakin…dilempar popor juga nggak napa2..hehehehehe…nggak lah..biarin aja…yang jelas buat para ketua/tetua club/komunitas…tolong hal ini di tanam ke anggotanya…khan kalo salah satu melakukan yang jelek semuanya.
  9. sisanya sih simpel,kalo dah kehit…silahkan ke safe zone.angkat tangan or ersop setidaknya setinggi kepala.dan liatin kalo ada yang sekiranya sudah hit..jangan di tembak balik..dan buat yang ketembak…jangan marah..namanya juga nggak tahu..nggak sengaja.
  10. Mungkin saking serunya permainan,kadang kita lupa kalo kita itu lagi main.jadi jangan sampai terjadi ada tindakan-tindakan seperti perang beneran misalnya POINT-BLANK (menembak jarak dekat),BLIND-SHOT (Menembak tanpa melihat lawan langsung,bisa sambil nunduk atau ngintip).Intinya terapkan lah yang namanya SAFE-FIRE,ya anggap aja kita butuh musuh dalam keadaan hidup2 sehat walafiat..bukan klenger…

 

A. DIBACA PADA SAAT BARU PADA DATANG/GEAR-UP

  1. Bila tidak sedang terpakai atau istirahat,Airsoftgun harap di-lock/safe dan melepas magazine.Bila perlu melepas batere.
  2. Dilarang mengaktifkan Airsoftgun atau menembak airsoftgun di area safe-zone.kecuali di area yang telah ditentukan.
  3. Hindari tembakan/richochet yang dapat membahayakan orang-orang disekitar area permainan.
  4. Airsoftgun yang tidak terpakai harap diletakkan ditempat masing-masing yang mudah untuk diawasi,usahakan untuk tidak menenteng-nenteng airsoftgun anda bila tidak sedang bermain/istirahat.
  5. Bila sedang membawa aisoftgun,usahakan posisi trigger-finger dalam keadaan OFF.
  6. Atribut militer atau kepolisian NKRI tidak diperkenankan untuk digunakan pada saat skirmish.
  7. Jangan membuang sampah sembarangan,buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan
  8. Hati-hati dan periksa kembali apabila terpaksa meninggalkan barang-barang berharga.

B. DIBACA PADA SAAT AKAN MEMULAI SKIRMISH/SESI-1

  1. … (Mengenai area Hit,tergantung panitia skirmish)
  2. … (Mengenai batasan Fps,tergantung panitia skirmish)
  3. … (Lain-lain,hal-hal lain yang dapat ditambahkan apabila dianggap perlu oleh panitia skirmish)
  4. Dibacakan lagi poin A di atas.
  5. Segera mengangkat tangan dan teriak HIT apabila terkena BB.
  6. Jangan trigger happy (full-auto).
  7. SAFE-FIRE,tembakan diusahakan dilakukan dengan resiko sekecil mungkin.tembakan semacamPOINT-BLANK dan BLIND-SHOT dilarang!!.
  8. Selama di area permainan,Goggle dan piranti keamanan lainnya jangan dilepas kecuali terpaksa.
  9. Hindari penetrasi di daerah yang rawan CIVILIAN,bila hal tersebut terjadi diwajibkan untuk CEASE FIRE dan me-reset permainan.
  10. Benda-benda yang berpotensi membahayakan agar digunakan sebijak mungkin,dan ketahui tata cara penggunaan benda tersebut.
  11. Sportif.Apabila ada permainan yang kurang/tidak sportif.hindari kontak yang bersifat negatif.selesaikan dengan panitia skirmish.
  12. Angkat selalu airsoftgun anda bila status anda HIT hingga berada di daerah safe-zone,hindari menembak ke arah peserta yang telah ter-eleminasi dalam permainan.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan menjadikan permainan airsoft ini aman dan menyenangkan.

Salam Airsofter,

SEA-HAWK AIRSOFT

One Response to Basic Rules For Airsofter

  1. cos says:

    beh..beh…
    bener” ersopter sejati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s